- Back to Home »
- B2B , B2C , C2B , C2C , ebusiness , jenis ebusiness , Klasifikasi ebusiness , Materi »
- Klasifikasi Ebusiness
Posted by : Unknown
Monday, 5 January 2015
B2B (Bussines to Bussines)
B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
1. Disebut juga transaksi antar perusahaan.
2. Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi.
3. Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
4. Sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis dan B2B merupakan transaksi antara bisnis-bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui Internet, intranet, ekstranet, atau jaringan privat. B2B memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan jalur pengadaan, distribusi, dan fisik, mengurangi dokumen dalam hubungan pelanggan dan supplier (pemasok), pengurangan persediaan dan outsourcing.
Contohnya: Pabrikan berbisnis dengan distributor, pabrikan dengan suatu perusahaan agen pemasaran, atau distributor dengan agen penjualan, atau perusahaan retail (retailer) yang menjual langsung kepada konsumen. Contoh website yang menerapkan konsep B2B adalah alibaba.com, ecplaza.net, ecrobot.com, ec21.net, foreign-trade.com.
B2C (Bussines to Consument)
B2C adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.
Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :
1. Disebut dengan transaksi pasar.
2. Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi.
3. Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment.
4. Memintaagar barang dikirimkan
B2C menggunakan konsep bisnis dimana penjual berhubungan dengan para pembelinya dan antara penjual dan pembeli karena belum tentu dikenal denga seorang penjual tersebut. Sifat dari B2C adalah terbuka dan bebas dimanfaatkan oleh umum. Cara mengakses bisnis tersebut melalui sebuah situs yang disediakan oleh sang penjual. B2C juga merupakan kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. Contoh website yang menerapkan konsep B2C adalah amazon.com, eBay.com, http://www.mobilraya.com, http://www.bhineka.com.
C2C (Consumer to Consumer)
C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot). C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.
C2C (consumer to consumer) merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu. C2C juga merupakan model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumn ya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot). C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya. Contoh website yang menerapkan konsep C2C adalah http://www.elvinmirad.com.
B2B2C (Bussines to Bussines & Bussines to Consument)
B2B2C adalah di mana terdapat perusahaan yang menyediakan produk/jasa mereka kepada klien/agen dan di lain sisi klien/agen tersebut juga mempunyai customer tempat mereka menjual produk/jasa tersebut.
B2E (Bussines to Employee)
B2E adalah layanan yang disediakan sebuah perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan. Misalkan seorang karyawan yang ingin mengambil cuti, tidak perlu lagi menghadap bagian kepegawaian. Ia dapat mengakses situs resmi perusahaan dan mengajukan permohonan cuti tersebut. Atau seorang karyawan yang ingin mendapatkan tunjangan kesehatan karena dirawat di rumah sakit, cukup mengakses situs resmi perusahaan dan mengisi formulir secara online. Contoh website yang menerapkan konsep B2E adalah www.bukukita.com, www.adobe.com, www.rumahscript.com.
Consumers To Bussines (C2B)
Merupakan individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi. Customer to Business (C2B) adalah model bisnis di mana konsumen (individu) menciptakan nilai, dan perusahaan mengkonsumsi nilai ini. Sebagai contoh, ketikakonsumen menulis review, atau ketika konsumen memberikan ide yang berguna untuk pengembangan produk baru, maka individu ini adalah menciptakan nilai bagiperusahaan, jika perusahaan mengadopsi input. Konsep yang dikecualikan adalah kerumunan sumber dan co-creation.
Bentuk lain dari C2B adalah perdagangan elektronik model bisnis, di mana konsumendapat menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka. Model bisnis ini merupakan pembalikan lengkap dari model bisnis tradisional dimana perusahaan menawarkan barang dan jasa kepada konsumen (business-to-consumer = B2C). Kita dapat melihat contoh ini di blog atau forum internet dimana penulis menawarkan link kembali ke bisnis online memfasilitasi pembelian beberapa produk (seperti buku di amazon.com), dan penulis mungkin menerima pendapatan dari penjualan afiliasi yang sukses.
Peer To Peer Application
P2P menghubungkan kepengguna, membiarkan mereka untuk membagi ide dan sumber daya computer tanpa server umum dan membantu individu membuat informasi yang tersedia untuk penggunaan seseorang dengan menghubungkan para pemakai Web. Teknologi ini dapat digunakan di dalam C2C, B2B, dan B2C. Teknologi ini mendorong jaringan computer untuk membagi data dan prosesnya dengan computer lain secara langsung.
Mobile Commerce
Transaksi yang dilakukan secara penuh atau sebagian di dalam lingkungan nirkabel (wireless). Sebagai contoh, beberapa orang yang diperlengkapi dengan cell phones, orang dapat melakukan order suatu barang atau hal-hal yang berhubungan dengan perbankan. Contoh Mobile Banking.
Intrabusiness
Mencakup semua aktivitas internal organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau informasi diantara beberapa unit dan individu di dalam organisasi. Aktivitas dapat meliputi dari penjualan produk perusahaan ke satu karyawan untuk training online dan dukungan bagi desain secara bersama-sama. Intrabisnis biasanya dilakukan pada intranet atau portal perusahaan secara umum.
Collaborative commerce
Ketika individu atau kelompok melakukan kolaborasi, mereka akan tumbuh ke dalam collaborative commerce. Sebagai contoh, rekan bisnis di dalam suatu lokasi yang berbeda dapat mendesain produk mereka secara bersamaan, menggunakan screen charing, atau mereka secara bersama-sama memperkirakan jumlah permintaan dari suatu produk.