- Back to Home »
- Anything , E-marketing , fungsi e-marketing , keuntungan e-marketing , marketing , Materi , pemasaran online , proses e-marketing »
- E-marketing
Posted by : Unknown
Thursday, 8 January 2015
Pemasaran online adalah alat terbaru yang digunakan untuk pemasaran langsung (direct marketing). Pemasaran online terdiri dari saluran online komersial dan internet. Saluran online komersial menyediakan berbagai pilihan pelayanan seperti pencarian database, papan reklame, produk pendukung, belanja secara online dan lainnya. Sedangkan internet adalah suatu jaringan global dari jaringan komputer yang pada dasarnya bebas (tidak komersial), para pemakai hanya perlu membayar beban jasa untuk bisa menggunakannya. Kemudian para pemakai internet dapat mengimkan e-mail, informasi akses menggunakan www (world wide web) untuk mencari data dan berbelanja untuk berbagai produk.
Kemunculan pemasaran online akan terus mempengaruhi strategi promosi di pasar industri. Katalog penjualan online akan berubah dari daftar produk menjadi alat penjualan global. Pembeli akan dapat membeli apapun yang dibutuhkan dimanapun di seluruh dunia dengan harga bersaing serta melayani permintaan pembelian.
Keuntungan menggunakan pemasaran online adalah
- Akses informasi dan retrieval yang cepat.
- Tidak ada pembatasan materi promosi yang dilakukan dengan biaya relative murah (Havaldar, 2005).
Menurut Kalyanam & Mclntyre, 2002 fungsi-fungsi utama e-marketing mencangkup 11 elemen :
1. Product, meliputi product assortment, alat perencanaan seperti layout.
2. Price, diantaranya dynamic pricing, forward auctions.
3. Place seperti afiliasi dan remote hosting.
4. Promotion, mencangkup online ads, sponsored links, rekomendasi.
5. Personalization, diantaranya customization, individualization, rule based sistem.
6. Privacy, menyangkut data-data pribadi pelanggan.
7. Customer service, Frequently asked question (FAQ) dan help desk, chat.
8. Community, contohnya chat rooms, user rating & review.
9. Site, diantaranya homepage, navigation dan search, layout webpage.
10. Security, yakni keamanan bertransaksi
11. Sales promotion, seperti e-coupon.
Secara garis besar e-marketing mengalami proses evolusi tiga tahap :
1. Information publishing sebagai sumber informasi.
2. Transaction sites, memfasilitasi transaksi online.
3. Mass customization pemanfaatan kapabilitas teknologi online untuk mempersonalisasi pesan dan layanan kwpada konsumen individu (Dann, 2004).
Sumber :
Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri Business to Business Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.Tjiptono, Fandy. Chandra, Gregorius. Adriana, Dadi. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.